Wednesday 18 January 2012

Tutorial Membuat Pulau Mengambang di Air dengan Photoshop

Floating Island
Dalam tutorial ini kita akan membuat pulau seperti mengambang di air. Seperti di film animasi, pulau ini akan seperti pulau impian yang bisa berpindah-pindah. Pokoknya keren lah. langsung saja ke langkah-langkahnya. Selamat mencoba.

Sebelum memulainya silahkan download dulu bahan-bahan di bawah ini.
Langkah 1 : Buat dokumen baru dengan cara File > New. Kemudian isi sesuai di bawah : 
  • Width: 3000 pixels
  • Height: 2247 pixels
  • Resolution: 300 dpi
  • Color Mode: RGB Color; 8bit
  • Background Contents: Transparent
step1_create_new

Langkah 2 : Kita akan menaruh pulau di atas air. Caranya buka file( gambar) The Island 2. Kemudian potong gambar tersebut. Aktifkan move tool kemudian tarik ke kanvas kita. Ganti nama menjadi Town Island.
step2_move_image

Sekarang kita akan menaruh batu besar di bawahnya. Kita harus mengatur ukuran, dengan cara transform. Tekan Ctrl+c kemudian tarik kotak kecilnya.
step2b_transform_image

Selanjutnya, kita akan menghapus laut di bawah town island. Klik Marque Tool kemudian blok pada daerah yang akan dihapus menggunakan Marque Tool.
step2c_marquee_tool

Sekarang kita akan mengubah langit gambar ini. Buka gambar Stormy Sky,dan kemudian mengaktifkan Marquee tool (M).
step2_marquee2

Kemudian klik Move Tool dan tarik ke kanvas anda.
step2d_move_to_this_position

Ubah nama layernya.  Selanjutnya, kita akan membuat kota tampak menerawang. Aktifkan Erase Tool dan setting seperti di bawah.


  • Brush size: 900 px
  • Hardness: 0%
  • Opacity: 100%
  • Flow: 100%
Catatan: Untuk mengedit Hardness Brush, cukup klik kanan pada gambar ketika Eraser tool aktif dan kemudian Anda akan melihat pilihan Kekerasan, sekarang ganti ke 0%. 0% membuat sikat lembut sementara 100% membuatnya lebih tajam.
step2e_eraser

Langklah 3 : Sekarang pada langkah ini kita akan menciptakan wilayah di bawah lautPertama tambahkan batu besar ke tempat kota ini ditempatkan di atasBukagambar : Small island. Kita kembali akan menghapus pulau itu dari latar belakangnya, untuk itu kita akan menggunakan Magnetic Lasso tool (L).
step3a_magnetic_lasso_tool

step3b_magnetic_lasso_tool

Setelah itu masukkan ke kanvas dengan move tool. Jika sudah di kanvas makatransform dengan tekan Ctrl+T dan atur ukurannya.
step3c_transform_the_island

Agar pulau terlihat off, sehingga kita perlu untuk menghapus beberapa bagian untuk membuatnya terlihat seperti segitiga. Aktifkan tool Polygonal Lasso (L).
step3d_polygonal_lasso_tool

step3e_select_and_delete

Untuk menghapus garis seleksi daerah hanya tekan Ctrl / Cmd + D . Berikutnya, Mari kita memperbaiki sudut pulau. Aktifkan alat Transform (Ctrl / Cmd + T) dan klik kanan pada kanvas untuk memunculkan menu kontekstual kemudian klik pada Warp.
step3f_warp

step3g_result

Kita akan mengubah kecerahan pulau. Caranya mage > Adjustments > Brightness/Contrast dan setting seperti dibawah:

Brightness: 2
Contrast: -31

Kurangi opacity menjadi 90%.
step3h_layer_window

Untuk melunakkan gambar agar terlihat seperti gelombang air, klik Erase Tool kemudian atur :
Brush size: 700 px
Hardness: 0%
Opacity: 100%
Flow: 100%
step3i_erase_the_edges

step3ii_final_transformation

Sekarang menambahkan gunung dasar laut. Buka gambar  Sea Background Stock II kemudian aktikan  Magnetic Lasso tool potong seperti dibawah ini. 
step3j_plt_this_region

Setelah itu Menuju gambar tumpukan batu dan tarik ke kanvas. Dan beri nama Undersea.
step3k_position_the_hill

Sekarang aktifkan alat Polygonal Lasso (Lkarena kita akan mengambil bagian daribukit ini besar untuk tidak mengalihkan perhatian ke tengah gambar.
step3L_remove_this_region

Selanjutnya kita akan menghapus beberapa bagian dari agar terlihat seperti nyata di dalam air. 
 Aktifkan Eraser tool (E) dan masukan nilai-nilai di bawah ini:

Brush size: 700 px
Hardness: 0%
Opacity: 100%
Flow: 100%
step3m_erase_the_edge

Sekarangkita perlu mengurangi Saturasi bukit, karena warna merah cukup mengganggu. Klik gambar di layer dan  Image > Adjustments > Hue/Saturation. Masukkan nilai : 

  • Edit: Master
  • Hue: 0
  • Saturation: - 35
  • Lightness: 0
 Duplikatkan gambar  kemudian mengaktifkanTransform tool (Ctrl / Cmd + T), klik kanan pada kanvas dan pilih Flip Horisontal, dari menu kontekstual. Bila Anda memiliki membalik itu,mengaktifkan Transform tool sekali lagi dan mengubah ukuran layer hasil duplikasidan menghapus wilayahnya di bawah iniCatatanGunakan nilai Eraser Tool yang sama di atas.
step3n_duplicate_transform_erase

step3o_result

Buka gambar Underwater dan masukkan ke kanvas, kemudian mengubah lapisan sebagai texture air,  dan kemudian menempatkan lapisan ini di atas semua layerpada langkah ini. Transform jika diperlukan.
step3p_water_texture_position

Jelasgelombang dari gambar saham sangat mengganggusehingga kita perluuntuk menghapusnya. Untuk melakukan ituaktifkan Clone Stamp tool (S) dan isi seperti berikut :

  • Brush size: 600 px
  • Mode: Normal
    Opacity: 100%
  • Flow: 100%
step3q_clone_1

step3r_clone_2

Pilih lapisan:pulau  di bawah laut dan diduplikasi, beri nama bukit di bawahlaut pada layer dan kemudian tekan Ctrl / Cmd + G untuk kelompok mereka.Anda juga dapat mencoba menekan ikon folder pada jendela Layer yang merupakanBuat tombol New Group dan kemudian menyeret lapisan untuk langkah ini padakelompok itu. Lakukan kembali untuk mengubah nama grup  Berdasarkan laut.
Setelah itu kita sekarang akan menempatkan gelembung pada gambar kita. AktifkanBrush tool (B) dan kemudian klik kanan pada gambar kami untuk menu untuk pop up.Menu ini menunjukkan sikat saat ini diaktifkan, tapi kami menggunakan kuas RonsKoleksi Musim Dingin! Untuk membuka kuas  klik  tombol yang terletak di sebelah kanan kotak Master Diameter
step3s_brush_menu

Buat layer baruberi nama bubble , letakkan di atas semua layer Berdasarkan kelompok sea dan kemudian aktifkan Brush tool (B) yang memiliki Rons Musim Dingin kuasKoleksi terbuka dan kemudian mengubah nilai-nilai sikat sebagai berikut:

Ukuran kuas: 900 px
Kekerasan: default
Opacity100%
Arus100%
step3t_apply_the_brush

Hapus gelembung yang berlebihan denagn cara Aktifkan Eraser tool kemudian setting seperti di bawah:

  • Brush size: 700 px
  • Hardness: 0%
  • Opacity: 100%
  • Flow: 100%
step3u_erase_this_region

Kurangi opacity menjadi 50%

Langkah 4 : Kita akan merubah warna permukaan laut agar lebih realistis. Buat layer dan letakkan di atas layer bubbles dan beri nama dark blue.  Aktifkan Brush tool (B) dan Mari kitaperubahan warna Sikat kami dengan mengklik warna foreground pada pemilih Warna pada menu ToolsSetelah kotak Color Picker akan terbuka, masukan nilai-nilai berikut:

#133639

step4a_color_picker

Selanjutnya, aktifkan Brush tool (B), kemudian klik kanan pada kanvas dan klik sekali lagi  pada tombol Play dan klik Reset  âBrushes kemudian gunakan pengaturan sikat berikut di bawah ini:

  • Brush size: 900px
  • Hardness: 0%
  • Opacity: 100%
  • Flow: 100%:
Sekarang klik layer dark blue dan ikuti petunjuk di bawah:
step4b_apply_the_brush

Sekarang Mari kita menambahkan warna hijau kecil biru pada areatepat di bawah permukaan badan air dan di pulau itu sendiriBuat layer baru danmengganti nama ke biru-green dan kemudian klik pada tombol Set foreground color dan masukan nilai berikut:

#25beb9
Gunakan pengaturan brush berikut:

Brush size: 600px
Kekerasan0%
Opacity15%
Arus100%
Lihat gambar di bawah untuk instruksi
step4bb_apply_the_brush_2


Setelah itu kita akan mulai menyesuaikan warna dan kecerahan / kontras gambar secara keseluruhan. Pertama buat Solid Color adjustment layer . Untuk melakukannya, klik pada tombol lingkaran hitam dan putih pada jendela Layer atau lebih dikenal sebagai tombol Create New Fill layer dan klik Solid color pada konstektul menu open.step4c_create_new_fill_layer_adjustmentSetelah kotak Warna Solid terbukamasukan nilai-nilai di bawah ini:

#000228
ntuk Pengecualian dan Opacity untuk 40%.

CatatanBlending Mode yang tersedia pada jendela Layer hanya untuk di sebelah kiri nilai Opacity(Teks yang ditampilkan adalah hanya Normal) Klik pada menu drop-down untuk melihat mode Blending.

Mari kita  membuat  Solid Color lain tapi ini input waktu nilai di bawah ini:

#2f6e89
Atur Blending mode untuk Overlay dan Opacity menjadi 25%.

Berikutnya Letâ € ™ s membuat lapisan Curves penyesuaianKetika kotak terbukaCurves, ikuti petunjuk di bawah
step4d_curvesBuat Solid color adjusment layer

  • #: b4f9ff
  • Blending mode: Soft Light
  • Opacity: 20%
Buat Color Balance adjustment layer
  • Color Levels: 23, 0, -24
  • Tone Balance: Midtones
  • Preserve Luminosity: Checked
Buat Brightness/Contrast adjustment layer
  • Brightness: 6
  • Contrast: 6
langkah ini, kita akan menciptakan efek yang akan membuat gambar kita terlihat melamun atau dalam istilah yang lebih teknis untuk melunakkan kontras. Untuk melakukan itu, saya menyarankan Anda untuk menyimpan file Anda terlebih dahulu sebagai file PSD, sehingga di masa depan Anda bisa mengedit gambar.Sekarang, proses seperti ini, klik kanan pada setiap lapisan untuk membuka menu kontekstual dan ketika menu muncul klik pada Flatten Image. Begitu itu Merata duplikat yang lapisan (Ctrl / Cmd + J), dan kemudian pergi ke Filter> Blur> Gaussian Blur pada Menu bar dan input pengaturan ini:
Radius: 16,0 piksel Kemudian mengubah Blending mode untuk Meringankan dan Opacity untuk 40%.Setelah itu cukup klik kanan pada salah satu dari dua lapisan dan klik Ratakan gambar. Akhirnya, Mari kita € ™ s mempertajam piksel untuk membuat tampilan gambar yang tajam. Untuk Mengasah gambar, pergi ke Filter> Sharpen> Smart Sharpen dan masukan nilai berikut:
Pengaturan: Default Amoutn: 125% Radius: 1,0 px Hapus: Gaussian Blur Anda mungkin berpikir bahwa mengasah setelah membuat tampilan gambar mimpi adalah absurd, tetapi ita € ™ s sebenarnya tidak. Ini benar-benar membuat piksel lebih tajam dan jelas tetapi masih mempertahankan suasana menerawang.
Hasil akhir :Floating IslandSemoga tutorial ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment